Kamis, 12 Juni 2014


Psikologi Pendidikan dan Fenomena Pendidikan
Pengertian Psikologi Pendidikan 
  •   Psikologi Pendidikan adalah bidang yang membantu pengajar atau proses pembelajaran serta memberi kontribusi untuk menghantar anak-anak meraih masa depan yang baik.
  • Psikologi Pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran di lingkungan pendidikan
Psikologi Pendidikan dan teknologi
  • Pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat cepat.
  • Dampak positif dan negatif
  • Pendidikan harus mengikuti dan menjadi subyek atau pelopor dalam pengembangannya.
  • Perlu pengajar yang dapat berperan membentuk peserta didiknya menjadi generasi yang mampu meningkatkan kapasitas peserta didiknya untuk:
ž  Mengambangkan kemampuan menemukan
ž  Mengelola
ž  Dan mengevaluasi informasi dan pengetahuan untuk memecahkan masalah pada dunia nyata.
  •  desain kurikulum bergeser dari pendidikan konvensional (pola tatap muka) mengarah pada desian kurikulum online (tidak harus tatap muka dan bertumpu pada pemanfaatan teknologi)
Menurut PBB ada 4 pilar bidang pendidikan:
  1. Learning to know
  2. learning to do
  3. learning live together
  4. learning to be


Perlu kurikulum yang tepat.

Psikologi Pendidikan & Psikologi Sekolah.
  • Psikologi pendidikan cenderung pada konten psikologi belajar, pengukuran dan pengambangan tes prestasi. Umumnya ada di perguruan tinggi, balitbang, dan diklat
  • Psikologi sekolah cenderung berkonsentrasi pada kegiatan mendiagnostik permasalahan di lingkungan sekolah.
  • Psikologi sekolah memiliki 3 tingkatan:
ž  Tingkat psikodiagnostik
ž  Tingkat klinis dan konseling
ž  Tingkat industri dan organisasi.

Psikologi proses belajar mengajar
  • Menejemen proses belajar mengajar atau pembelajaran adalah masalah pokok pada pendidikan
  • Oleh sebab itu psikologi pendidikan menjadi bagian penting dalam proses belajar mengajar atau pembelajaran.
Pendekatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan
  • Berkaitan dengan proses belajar mengajar atau pembelajaran yang berhubungan dengan TIK ada 4 pendekatan yang dapat dijelaskan:
  Emerging approach; langkah awal. Sekolah memiliki perangkat (teacher centred).
  Applying approach; TIK sudah mulai digunakan sebagai media bantu. (membuat tugas untuk pelajar sampai pada menegemen institusi)
  Integrating aaproach; peserta didik bertanggung jawab untuk menguasai materi dan proses penilaian.
  Transforming approach; penggunaan TIK secara kreatif untuk mengevaluasi dan memperbaharui organisasi sekolah (learner-centred)
Mengajar; antara seni dan ilmu pengetahuan
  • Psikologi pendidikan memberikan dan juga membutuhkan pengetahuan melalui penelitian agar dapat diaplikasikan dalam situasi pembelajaran.
  • Namun improvisasi dan spontanitas tetap merupakan suatu seni yang diperlukan dalam proses pembelajaran.
Cara mengajar yang efektif
  • Pengetahuan dan keahlian profesional 
  •   Penguasaan materi pembelajaran 
  •   Strategi pembelajaran 
  •   Penetapan tujuan dan keahlian perencanaan instruksional
  • Keahlian manajemen kelas
  • Keahlian motivasional
  • Keahliam komunikasi
  • Keahlian teknologi
  • Komitmen dan motivasi.
Sedikit tentang e-learning
  • Sistem pendidikan berbasis dunia cyber disebut e-learning.
  • Pergeseran sistem pendidikan berbasis tradisional (tatap muka) menjadi tidak dibatas oleh ruang dan waktu
  • Berfokus pada proses learning (pembelajaran) menggunakan TIK bukan ‘e’ elektroniknya.
  • Kelebihannya:
ž  Meningkatkan interaksi pembelajaran
ž  Mempermudah interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja
ž  Memiliki jangkauan yang lebih luas
ž  Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran

Pendidikan, teknologi informasi dan komunikasi suatu life skills
  • Ilmu pengetahuan dan teknologi tahap eksplosi (ledakan)
  • Tidak semua bisa disampaikan melalui pembelajaran di sekolah/kampus.
  • Perlu metode untuk mengatarkan peserta didik belajar mandiri dalam menerima ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal hidup dan kehidupannya.
Sedikit tentang E-dukasi.net
  •  Teknologi informasi untuk pembelajaran berbasis internet.
  • Portal pendidikan yang menyediakan bahan belajar, fasilitas komunikasi, dan interaksi antar komunitas pendidikan
  • Salah satu media jaringan sekolah (schoolnet) di Indonesia yang dikembangkan oleh Pustekkom dan Depdiknas. 
  •   http://www.e-dukasi.net


Tidak ada komentar:

Posting Komentar