Inteligensi
Pengertian inteligensi
Banyak
ahli yang memberikan definisi inteligensi, diantaranya (santrock, 2008):
- Keahlian untuk memecahkan masalah (problem solving)
- Kemampuan untuk beradaptasi dan belajar dari pengalaman hidup sehari-hari
à
Inteligensi adalah keahlian memecahkan masalah dan kemampuan untuk beradaptasi
dan belajar dari pengalaman hidup sehari-hari
Binet
:
- Kemampuan untuk mengarahkan pikiran dan tindakan
- Kemampuan mengarahkan tindakan bila tindakan tsb telah dilaksanakan
- Kemampuan untuk mengkritik diri sendiri (autocriticism)
- Terman : kemampuan seseorang untuk berpikir abstrak
- Thorndike : kemampuan dalam menghubungkan respon tertentu dengan stimulus tertentu
- Weschler : kumpulan atau totalitas kemampuan seseorang untuk bertindak dengan tujuan tertentu, berpikir secara sasional serta menghadapi lingkungan secara efektif
- Walters dan Gadner : Serangkaian kemampuan yang memungkinkan individu memecahkan masalah sebagai konsekuensi eksistensi suatu budaya tertentu
·
Inteligensi dipisahkan atas 3 macam,
yaitu:
- Kapasitas: keseluruhan kemampuan intelektual yang dimiliki seseorang (hal ini sulit untuk diukur)
- Potensi : kemampuan intelektual seseorang yang seharusnya dapat ia tampilkan dan dikembangkan secara maksimal
- Fungsi: penampilan tingkah laku seseorang yang menggambarkan tingkat kecerdasannya. Bila fungsi intelektual ini berkembang secara maksimal maka akan sama dengan potensinya
Inteligensi
dipisahkan atas 3 macam, yaitu:
- Kapasitas: keseluruhan kemampuan intelektual yang dimiliki seseorang (hal ini sulit untuk diukur)
- Potensi : kemampuan intelektual seseorang yang seharusnya dapat ia tampilkan dan dikembangkan secara maksimal
- Fungsi: penampilan tingkah laku seseorang yang menggambarkan tingkat kecerdasannya. Bila fungsi intelektual ini berkembang secara maksimal maka akan sama dengan potensinya
Pendekatan-pendekatan
Pendekatan
Teori Belajar
- Setiap perilaku yang ditampilkan oleh individu berisikan proses belajar (learning process)
- Inteligensi bukanlah sifat kepribadian (trait) akan tetapi merupakan kualitas hasil belajar yang telah terjadi
- Lingkungan belajar memiliki peran dalam menentukan kualitas perilaku sso dan dianggap menentukan relevansi inteligensi sso
- Para ahli melihat akan hukum yang melandasi respon seseorang terhadap situasi tertentu dan cara bagaimana ia menyesuaikan diri terhadap situasi tersebut
Pendekatan
Neurobiologis
- Inteligensi memiliki dasar anatomis dan biologis
- Perilaku inteligen dapat ditelusuri melalui dasar-dasar neuro-anatomis dan proses neurofisiologisnya
- Ahli melakukan riset untuk melihat korelasi-korelasi inteligensi pada aspek-aspek anatomi, elektrokimia atau fisiologis
- Tokohnya: Cattell, dan Hebb
Pendekatan
psikometris
- Inteligensi merupakan konstruk (construct) atau sifat (trait) psikologis yg berbeda kadarnya bagi setiap orang
- Ahli melakukan pengukuran à skor individu yang dilihat secara kuantitatif dari jumlah jawaban yang benar pada satu tes inteligensi
- Pendekatan ini banyak menghasilkan berbagai skala-skala pengukuran inteligensi
Pendekatan
teori perkembangan
- Studi akan inteligensi dipusatkan pada masalah perkembangan yang dilihat secara kualitatif yang dikaitkan dengan tahap-tahap perkembangan biologis individu
- Contoh: tokoh Jean Piaget
- Melihat respon-respon salah yang dilakukan oleh anak-anak dalam tes inteligensi.
- Ia melihat adanya kesamaan pola respon pada usia tertentu à terdapat perbedaan kualitatif dalam cara berpikir anak pada masing-masing kelompok usia.
- Keempat pendekatan tersebut tidak dapat terpisah secara eksklusif akan tetapi saling tumpang tindih sampai taraf tertentu.
- 2 pendekatan pertama (teori belajar & neurobiologis) àperspektif teoritis
- 2 pendekatan terakhir (psikometrik & perkembangan) à segi praktis
- Keempat pendekatan tersebut tidak dapat terpisah secara eksklusif akan tetapi saling tumpang tindih sampai taraf tertentu.
- 2 pendekatan pertama (teori belajar & neurobiologis) àperspektif teoritis
- 2 pendekatan terakhir (psikometrik & perkembangan) à segi praktis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar